4 Tips Tepat Menentukan Makanan bagus untuk kucing Anda!

4 Tips Tepat Menentukan Makanan bagus untuk kucing Anda!

Bagi Anda yang memelihara kucing harus siap untuk selalu memperhatikan kesehatan kucing dan asupan gizinya. Untuk memenuhi asupan gizinya, Anda harus memilih makanan yang tepat untuk si kucing. Jangan asal dalam memberikan makanan.

Sekarang ini mudah ditemukan beragam merek makanan kucing, baik itu makanan kering (dry food), makanan basah (wet food) ataupun makanan cair seperti creamy treats. Lalu, bagaimana cara tepat memilih makanan bagus untuk kucing peliharaan Anda? Simak tips berikut ini!

1.     Tentukan Tipe Makanan Kucing Anda, Wet Food atau Dry Food?

Sejumlah ahli gizi berpendapat bahwa baik makanan basah atau makanan kering wajib diberikan kepada kucing. Meskipun makanan kering lebih praktis, kandungan air yang ada pada dry food belum mencukupi kebutuhan si kucing. Sehingga jika tidak diimbagi dengan konsumsi air yang cukup, dapat mengakibatkan kucing mengalami dehidrasi. Ini cukup berbahaya bagi kucing yang tidak suka minum banyak air ataupun kucing yang rentan terserang penyakit. Kucing juga bisa bosan jika makanan yang dikonsumsinya sama terus menerus. Oleh karena itu Anda wajib memberikan makanan yang bervariasi antara kering dan basah.

2.     Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Dasar

Protein adalah salah satu nutrisi dasar yang harus terpenuhi. Biasanya protein dihasilkan dari daging sapi, ikan atau unggas. Kemudian nutrisi yang terpenting kedua adalah kandungan taurine yang merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kucing. Vitamin, mineral, asam lemah, enzim dan air juga penting untuk memelihara kesehatan kucing. Periksa komposisi pada kemasan makanan kucing untuk mengetahui kandungan yang terdapat pada kemasan tersebut. Cocokan dengan kebutuhan kucing Anda.

3.     Berhati-Hati Memilih Bahan untuk Kucing yang Memiliki Alergi

Istilah alergi makanan mengacu pada reaksi negative yang disebabkan oleh sistem imun terdadap protein tertentu pada makanan. Reaksi terhadap alergi makanan pada kucing bermacam-macam seperti gatal-gatal kronis, peradangan pada kulit yang bisa menyerang wajah, telinga, perut ketiak, selangkangan dan kaki kucing. Bisa juga berupa gejala muntah atau diare yang dibarengi reaksi alergi kulit.

Perhatikan dengan cermat, apakah kucing Anda memiliki sensitifitas terhadap bahan-bahan tertentu. Pilih makanan kucing yang tidak membuat peliharaan Anda mengalami alergi.

Meskipun kucing jarang alergi terhadap jenis makanan tertentu, namun pemilik tetap harus mengawasi makanan yang dikonsumsi si kucing. Apalagi jika kucing Anda pernah menunjukan tanda-tanda alergi terhadap jenis bahan tertentu.

4.     Pilih Makanan yang Sesuai Kondisi Kesehatan Si Kucing

Nutrisi tambahan diperlukan untuk kucing yang sedang sakit. Pilihlah makanan yang diformulasikan khusus untuk kucing dengan kondisi tertentu agar asupan nutrisinya tetap terpenuhi sekaligus mempercepat proses recovery kucing. Tanpa asupan nutrisi yang tidak memadai bisa memperlambat penyembuhan atau bahkan gagal sembuh. Kekurangan nutrisi menyebabkan perkembangan kesembuhan tidak efektif.

Apakah anda sudah memiliki gambaran memilih makanan bagus untuk kucing peliharaan Anda? Pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan kondisi kucing Anda, juga mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.