Manfaat Ciprofloxacin dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Manfaat Ciprofloxacin dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Salah satu antibiotik yang dapat digunakan untuk mengatasi dan menghentikan pertumbuhan bakteri adalah obat ciprofloxacin. Obat ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis, mulai dari jenis tablet, tetes mata, hingga suntikan.Obat ini memiliki kandungan bahan aktif yaitu ciprofloxacin HCL,

Manfaat Ciprofloxacin bagi Tubuh

1. Mengobati Infeksi pada Saluran Kemih

Manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan obat ini adalah untuk mengobati infeksi pada saluran kemih. Hal ini disebabkan bakteri akan banyak bertumbuh pada saluran kemih tersebut dan obat ini mampu menghentikan pertumbuhan bakterinya melalui bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Selain dengan menggunakan obat ini, Anda juga harus rajin merawat bagian vital agar terhindar dari pertumbuhan bakteri.

2. Menangani Infeksi Tulang dan Sendi

Bakteri tidak hanya tumbuh di bagian luar saja, bakteri juga bisa tumbuh pada bagian tulang dan sendi manusia. Sehingga hal ini akan menyebabkan adanya peradangan dan berbagai masalah lain yang timbul karena bakteri tersebut, salah satunya adalah infeksi tulang dan sendi. Ciprofloxacin mampu mengatasi bakteri tersebut agar tidak berdampak pada kesehatan tulang dan sendi.

3. Mencegah Diare

Diare dapat terjadi karena organ pencernaan tersebut mencerna makanan yang tidak sehat dan banyak bakteri yang bersarang di makanan tersebut. Untuk itu, selain dengan menjaga makanan dan memilih makanan yang sehat, Anda juga dapat menggunakan obat antibiotik tersebut untuk mengatasi diare yang dialami akibat bakteri.

4. Mengatasi Infeksi Saluran Pernapasan

Saluran pernapasan juga bisa mengalami infeksi karena adanya bakteri atau virus yang masuk melalui hidung. Obat ini mampu mengatasi infeksi agar tidak berdampak lebih parah ke organ lain terutama paru-paru. Oleh sebab itu, penggunaan obat ini dengan dosis yang sesuai akan membuat infeksi saluran pernapasan menjadi lebih membaik.

5. Mengobati Infeksi pada Kulit dan Mata

Infeksi juga bisa terjadi di berbagai bagian tubuh lain meliputi kulit dan mata. Hal ini disebabkan bakteri tersebar dimana-mana. Sehingga kulit dan mata juga bisa terkena bakteri dan membuat kedua bagian tubuh tersebut mengalami infeksi. Agar tidak terlalu parah, maka Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan obat antibiotik ini.

Efek Samping dari Penggunaan Obat Ciprofloxacin

Penggunaan obat Ciprofloxacin ini mampu memberikan efek samping yang ringan bagi penggunanya. Beberapa efek samping yang ditimbulkan antara lain sakit maag, mual, muntah, sakit kepala, diare, dan sulit tidur. Selain itu obat ini juga dapat sakit kepala yang hebat, mata dan kulit menjadi kuning, sulit buang air kecil, dan lain sebagainya. Jika efek sampingnya menjadi lebih serius maka harus diberikan penanganan.

Itulah dia penjelasan singkat seputar manfaat dari ciprofloxacin dan efek sampingnya bagi tubuh. Obat ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa menghasilkan penyakit pada tubuh. Apakah Anda tertarik membaca artikel kesehatan ini? Jika iya, maka Anda bisa mengakses dan membaca artikel lain hanya di Orami Magazine.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.