Memilih Susu Lansia Murah Untuk Kesehatan Lansia Sesuai Kebutuhan

Memilih Susu Lansia Murah Untuk Kesehatan Lansia Sesuai Kebutuhan

Susu identik dengan minuman bayi dan anak-anak yang dipercaya dapat membantu mempercepat tumbuh kembang bayi melalui nilai gizinya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Namun bagaimana jika lansia mengonsumsi susu? Sekarang ini sudah banyak susu lansia murah yang bisa menjadi pilihan.

Namun apakah itu tidak mempengaruhi kesehatan mereka dan berapa banyak susu yang dapat dikonsumsi lansia setiap hari? sebenarnya, susu bukan hanya diformulasikan untuk anak-anak namun juga orang tua dan lanjut usia karena susu mengandung nutrisi kalsium dan vitamin D yang baik untuk tulang dan gigi sehingga tidak mudah keropos dan rapuh.

Manfaat Mengkonsumsi Susu Bagi Lansia

  1. Minum susu untuk lansia dapat memperlambat proses pengeroposan tulang (osteoporosis). Kandungan kalsium dan vitamin D pada susu membuat tulang menjadi lebih keras dan padat. Kandungan kalsium pada umumnya adalah 306 mg kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Namun ada juga susu tinggi kalsium untuk lanjut usia yang membutuhkan kandungan kalsium lebih tinggi.
  2. Susu juga memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung lansia. Hal ini sejalan dengan penelitian bahwa memenuhi kebutuhan kalium dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
  3. Untuk mencegah pengapuran sendi atau osteoartritis pada lanjut usia sehingga bisa terhindar dari penyakit sendi dan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.
  4. konsumsi susu pada lansia dapat memenuhi kebutuhan protein untuk mempertahankan massa otot. Kebanyakan orang lanjut usia mengeluhkan otot yang sering sakit dan ngilu serta hilangnya massa otot. Hal ini bisa dicegah dengan konsumsi protein yang cukup.

Berapa Kadar Asupan Susu Bagi Lansia?

Karena sudah banyak pilihan susu lansia murah, tentu Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak ada angka pasti yang membatasi jumlah susu yang dikonsumsi lansia. Kandungan kalsium, vitamin D, protein dan potasium bermanfaat bagi kesehatan lansia.

Namun, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, seseorang yang berusia 50 tahun ke atas cukup mengonsumsi kalsium sebanyak 1.000 mg – 1.200 mg per hari. Kalsium tidak hanya bisa didapat kan dengan mengonsumsi susu, alternatif lain adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale.

Batas Konsumsi Susu Bagi Lansia

Meski susu baik untuk kesehatan lansia terutama untuk kesehatan tulang, sendi, dan otot karena mengandung kalsium, vitamin D dan kalium, konsumsi susu juga tidak boleh sembarangan karena memiliki kandungan gula dan lemak. Orang lanjut usia harus menghindari makan lemak dan gula berlebih karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Sebaiknya pilih susu yang rendah gula dan lemak sebagai solusinya sehingga manfaat yang didapatkan lebih optimal. Banyak perusahaan saat ini memproduksi susu khusus untuk orang tua dan lanjut usia bahkan susu untuk keperluan medis dengan kandungan lemak dan kandungan gula yang lebih rendah contohnya seperti susu Ensure yang juga termasuk susu lansia murah.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.