Mempelajari Tingkatan Tekstur MPASI Sesuai Usia si Kecil

Mempelajari Tingkatan Tekstur MPASI Sesuai Usia si Kecil

MPASI diberikan kepada bayi yang sudah menginjak 6 bulan. Hal ini karena pertumbuhan si kecil sudah semakin pesat, sehingga harus diberikan makanan pendamping selain ASI, meski ASI tetap jadi yang utama. Anda harus mengenalkannya dengan tekstur MPASI yang tepat agar bisa beradaptasi dengan baik.

Mengingat pencernaan si kecil belum terlalu sempurna, jadinya Anda harus berhati-hati dan tidak sembarangan dalam memberikan MPASI baik dari segi porsi dan sebagainya. Tekstur MPASI dibagi menjadi beberapa tahapan, dan setiap usianya bertambah maka teksturnya pun harus meningkat pula. Berikut ini tahapan tingkatan tekstur MPASI sesuai usia si balita.

1. Tekstur MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Tekstur yang dibuat pada usia ini haruslah halus semi cair, karena ia belum mampu menelannya dengan baik sehingga meminimalisir risiko bayi tersedak. Teksturnya tidak boleh cair seperti air, tapi juga tidak terlalu kental. Anda bisa memblender menu MPASI kemudian menyaringnya sehingga bayi mudah untuk menelan.

2. Tekstur MPASI Bayi 7 Bulan

Jika usianya sudah masuk 7 bulan, maka tekstur MPASI kini sudah mulai naik dan Anda bisa memblender saja tanpa menyaringnya. Di sini bayi harus diajarkan untuk memakan menu MPASI yang sedikit kasar dari sebelumnya. Jangan dibiarkan memakan tekstur yang halus saja, karena dikhawatirkan bayi akan kesulitan untuk naik tekstur nantinya.

3. Tekstur MPASI Bayi 9 Bulan

Berikutnya jika sudah usia 9 bulan, maka Anda bisa memberikan tekstur yang sedikit lebih kasar lagi. Kini sudah tidak perlu diblender dan hanya dicacah hingga menjadi bubur kasar. Meski awalnya mungkin akan kesulitan, tapi lama-lama bayi akan bisa beradaptasi dengan baik. Anda juga bisa memberikan finger food atau makanan yang bisa ia pegang sendiri seperti biskuit di usia ini.

4. Tekstur MPASI Bayi 11 Bulan

Nah, pada usia 11 bulan, bayi bisa naik lagi tahapan tekstur MPASI-nya dengan memberikan nasi tim. Nasi tim bisa dibilang cukup lembek dan Anda tidak perlu menyaringnya lagi. Sebab, anak sudah mulai wajib diperkenalkan dengan nasi yang menjadi makanan utamanya. Berikan buah hati Anda MPASI sesering mungkin dengan porsi sedikit-sedikit karena ia mulai aktif dalam bergerak.

5. Tekstur MPASI Bayi 12 Bulan

Akhirnya, di usia 12 bulan ini balita Anda sudah bisa memakan apapun yang dimakan oleh keluarga. Di tahap ini, Anda bisa memberikannya sup, ayam goreng dan sebagainya. Namun, jangan memberikan tambahan bumbu yang sekiranya kurang bagus untuk pencernaannya seperti cabai, lada dan lain-lain karena masih belum waktunya untuk hal tersebut.

Memberikan menu MPASI memang tidak mudah, tapi para orang tua harus senantiasa bersabar. Kenaikan tekstur MPASI juga harus dilakukan secara bertahap agar si kecil lebih mudah dalam beradaptasi.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.