Mengintip Calon Pendatang Baru Toyota Fortuner 2.8, Kapan Mengaspal di Indonesia?

Mengintip Calon Pendatang Baru Toyota Fortuner 2.8, Kapan Mengaspal di Indonesia?

Kabar baik bagi pecinta kendaraan SUV bermesin besar. Pasalnya Fortuner dikabarkan akan meluncur dengan varian terbaru 2.8 VRZ, yang hadir dengan mesin diesel lebih besar dan mumpuni. SUV mewah ini sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2005 dalam berbagai varian.

Kendaraan mewah Toyota ini hadir dalam berbagai varian, yang seluruhnya disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Berbicara mengenai calon Fortuner bermesin besar, varian ini disebut-sebut akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Bahkan varian 2.8 diklaim menjadi calon varian teratas versi diesel 4×2 serta 4×4. Penasaran apa yang membuat kendaraan ini begitu istimewa?

Tersedia Dalam 2 Varian

Menurut informasi yang beredar, PT Toyota Astra Motor akan menghadirkan varian terbaru untuk SUV mewahnya. Berdasarkan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) No 40 Tahun 2021, muncul informasi terkait Fortuner varian teranyar yang siap mengaspal di Indonesia.

Dalam daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), terlihat varian anyar tipe 2.8 bertipe VRZ dengan penggerak 4×2 dan 4×4. Sementara untuk transmisi, hanya tersedia transmisi AT atau otomatis.

Mesin Diesel Lebih Besar

Dengan mesin diesel sebesar 2.800 cc, tipe terbaru ini menjadi kendaraan SUV dengan mesin lebih besar mengalahkan model baru yang dipasarkan saat ini. Dimana pasukan model teranyar Fortuner saat ini mengusung mesin 2.7 gasoline serta 2.4 diesel.

Jika dibandingkan dengan dua varian tersebut, varian 2.8 VRZ dinilai mampu menghasilkan tenaga lebih besar. Pasalnya varian 2.4 diesel yang mengusung mesin berkode 2GD-FTV ini hadir dengan mesin berkapasitas 2.393 cc dengan 4 katup, 4 silinder segaris, teknologi VNT Intercooler serta DOHC.

Mesin tersebut diklaim dapat mengeluarkan tenaga 149,6 PS pada putaran 3.400 RPM. Torsinya pun besar, yakni di angka 400 Nm di 1.600 hingga 2.000 RPM.

Sementara untuk varian 2.7 gasoline yang mengusung mesin berkode 2TR-FE, memiliki mesin berkapasitas 2.694 cc dengan 4 katup, 4 silinder segaris, teknologi Dual VVT-i serta DOHC.

Toyota menilai dengan spesifikasi tersebut, dapat menghasilkan tenaga sebesar 163 PS pada perputaran mesin 3.400 RPM. Berbicara torsi, torsi puncak berada di angka 242 Nm pada perputaran mesin 4.000 RPM.

Calon kendaraan baru ini sebelumnya telah dipasarkan di Thailand dan diperkenalkan dengan nama New Fortuner Legender 2.8. Seperti dilansir Toyota Thailand, Fortuner 2.8 VRZ dihadirkan dengan mesin berkode diesel 1GD-FTV. Kapasitas mesin mobil sebesar 2.755 cc dengan 16 katup, 4 silinder segaris, teknologi VNT Intercooler serta DOHC.

Dengan spesifikasi mesin mumpuni, SUV ladder-frame satu ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 205 PS di 3.400 RPM dengan torsi menembus angka 500 Nm di putaran mesin 1.600 hingga 2.800 RPM. Karena meningkatnya jumlah katup dan kapasitas mesin, maka tak heran jika tenaga serta torsinya pun semakin besar.

Berapa Harga Fortuner 2.8 VRZ Diesel?

Bagi calon konsumen yang tertarik ingin kredit Fortuner, berapa kisaran harga untuk SUV gagah teranyar Toyota ini? Merujuk pada Permendagri di atas, seri 2.8 VRZ 4×2 memiliki nilai jual kendaraan bermotor atau NJKB sebesar Rp 431 juta. Sedangkan untuk seri 2.8 VRZ 4×4 memiliki NJKB sebesar Rp 554 juta.

Namun NJKB sendiri bukanlah harga jual resmi, mengingat NJKB merupakan angka dasar nilai jual kendaraan sebelum nantinya akan dikenai pajak. Pajak yang dikenai tersebut mulai dari pajak kendaraan bermotor, pajak pertambahan nilai, hingga bea untuk balik nama kendaraan. Sementara untuk PPnBM sudah termasuk di NJKB.

Sehingga jika diperkirakan, estimasi harga Fortuner OTR untuk seri 2.8 VRZ 4×2 adalah sebesar Rp 577 juta. Sementara untuk seri 2.8 VRZ 4×4 akan menghasilkan harga OTR kurang lebih Rp 742 juta.

Kapan Mengaspal di Indonesia?

PT TAM sendiri belum dapat memberikan informasi apapun terkait calon SUV kebanggaan Toyota ini, sehingga masih menutup rapat tanggal peluncuran Fortuner anyar ini. Meskipun begitu, menurut pihak dealer varian 2.8 VRZ sudah dapat dipesan dengan memenuhi sejumlah persyaratan.

Syarat-syarat yang dibutuhkan yaitu menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP, serta fotokopi NPWP. Selain itu, calon pemilik juga harus membayar booking fee sebesar Rp 15 juta.

Demikianlah informasi terkait calon pendatang baru Toyota Fortuner 2.8 VRZ. Bagaimana, sudah siap menyambut SUV ladder-frame terbaru Toyota ini?

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.